E-Tiket??? Apaan tuh???
Pada saat ini, mungkin kita akan sering mendengar istilah yang disebut dengan E-Tiket alias Tiket Elektronik, terutama bagi mereka yang melakukan pemesanan Tiket secara On-line melalui situs maskapai maupun pemesanan Tiket melalui agen-agen tiket yang melayani pembelian tiket secara On-line.
E-Ticket adalah salah bentuk pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat-nya dalam berpergian dengan cepat dan akurat. Apabila dibanding dengan tiket biasa yang bisa terdiri sampai 4 sampai dengan 6 halaman atau tergantung dengan kondisi penumpang yang menggunakan jasa penerbangan -semakin sering transit atau chek in, akan semakin banyak jumlah halamannya-, maka bentuk tiket dari e-tiket bisa dibilang sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari selembar kertas yang mencantumkan secara lengkap mulai dari jadwal penerbangan, tanggal, tujuan serta peraturan lainnya. Hal ini dapat pula mendukung gerakan Go-green dan gerakan Paperless yang kini sedang digalakkan dalam menghadapi pemanasan global.
Selain ringkas dan mudah dalam memprosesnya, data yang tertera pada E-Tiket juga tercatat pada pusat data elektronik di pusat data perusahaan penerbangan yang penumpang gunakan, jadi data akan valid dan akurat dengan kondisi sebenarnya. Dengan E-Tiket penumpang tidak perlu membawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang, maka penumpang bisa mencetak ulang dan tidak memerlukan biaya tambahan alias gratis. Harga yang tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama, yang seringkali tidak terbaca tindasannya.
Dari sisi perusahaan penerbangan, adanya system E-Tiket ini juga dapat memperkecil biaya pelayanan, sehingga dapat sedikit menekan harga tiket, yang akhirnya dapat member keuntungan lagi bagi para penumpangnya.
Untuk chek-in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter chek-in dan menunjukan kode booking atau kode komfirmasi. Bahkan untuk beberapa maskapai penerbangan, tidak lagi membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang, setelah reservasi telah dikomfirmasi, penumpang dapat chek-in bagasi dan diberikan boardingpass.
E-tiket saat ini sudah diaplikasikan pada beberapa Maskapai penerbangan, diantaranya : Garuda Indonesia, Airasia, Mandala-air, Citilink, Batavia-air juga Lion Air.
sumber : PDF artikel www.pointblue.biz dengan sedikit perubahan.
sumber : PDF artikel www.pointblue.biz dengan sedikit perubahan.
E-Tiket??? Apaan tuh???
Pada saat ini, mungkin kita akan sering mendengar istilah yang disebut dengan E-Tiket alias Tiket Elektronik, terutama bagi mereka yang melakukan pemesanan Tiket secara On-line melalui situs maskapai maupun pemesanan Tiket melalui agen-agen tiket yang melayani pembelian tiket secara On-line.
E-Ticket adalah salah bentuk pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat-nya dalam berpergian dengan cepat dan akurat. Apabila dibanding dengan tiket biasa yang bisa terdiri sampai 4 sampai dengan 6 halaman atau tergantung dengan kondisi penumpang yang menggunakan jasa penerbangan -semakin sering transit atau chek in, akan semakin banyak jumlah halamannya-, maka bentuk tiket dari e-tiket bisa dibilang sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari selembar kertas yang mencantumkan secara lengkap mulai dari jadwal penerbangan, tanggal, tujuan serta peraturan lainnya. Hal ini dapat pula mendukung gerakan Go-green dan gerakan Paperless yang kini sedang digalakkan dalam menghadapi pemanasan global.
Selain ringkas dan mudah dalam memprosesnya, data yang tertera pada E-Tiket juga tercatat pada pusat data elektronik di pusat data perusahaan penerbangan yang penumpang gunakan, jadi data akan valid dan akurat dengan kondisi sebenarnya. Dengan E-Tiket penumpang tidak perlu membawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang, maka penumpang bisa mencetak ulang dan tidak memerlukan biaya tambahan alias gratis. Harga yang tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama, yang seringkali tidak terbaca tindasannya.
Dari sisi perusahaan penerbangan, adanya system E-Tiket ini juga dapat memperkecil biaya pelayanan, sehingga dapat sedikit menekan harga tiket, yang akhirnya dapat member keuntungan lagi bagi para penumpangnya.
Untuk chek-in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter chek-in dan menunjukan kode booking atau kode komfirmasi. Bahkan untuk beberapa maskapai penerbangan, tidak lagi membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang, setelah reservasi telah dikomfirmasi, penumpang dapat chek-in bagasi dan diberikan boardingpass.
E-tiket saat ini sudah diaplikasikan pada beberapa Maskapai penerbangan, diantaranya : Garuda Indonesia, Airasia, Mandala-air, Citilink, Batavia-air juga Lion Air.
sumber : PDF artikel www.pointblue.biz dengan sedikit perubahan.
sumber : PDF artikel www.pointblue.biz dengan sedikit perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar